Sabtu, 27 Oktober 2018 Sejumlah desa Tanggung Kecamatan beserta perangkat Desa, Karang Taruna Desa Tanggung, dan beberapa pecinta alam Tulungagung melakukan prosesi pengembalian prasati watu joli kembali ke puncak Gunung Budeg.  Prasasti Watu Joli dulunya pernah hilang , namun kini prasasti tersebut telah ditemukan kembali dan dikembalikan lagi ketempat asalnya. Acara dimulai pukul 13.00 WIB dengan slametan berasama warga untuk mensyukuri kembalinya benda bersejarah tesebut ketempat asalnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan dibawanya prasarti tersebut ke puncak Gunung Budeg dengan diiringi oleh beberapa orang tokoh masyarakat, pecinta alam dan masyarakat sekitar.  Pak Lurah Suyahman pun turut ikut naik kepuncak Gunung Budeg untuk mengantarkan kembali prasasti tersebut didampingi oleh pak Agus selaku pengelola Gunung Budeg.

Semoga dengan kembalinya prasasti ini kita dapat belajar mengenai sejarah, dan diharapkan tidak akan ada lagi pencurian terhadap benda bersejarah dimanapun, sehingga benda-benda bersejarah tersebut dapat terjaga kelestariaannya dan dapat menjadi bahan pembelajaran generasi mendatang.

 

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?